Kamis, 07 Juni 2012

TUGAS REPRODUKSI ABSTRAK


TUGAS MEMBACA KOMPREHENSIF
Dosen pengampu        : Fahrur Syaifuddin
NAMA  : YUNI ANJANI
KELAS    : 2 D
NIM       : A. 310110191
PENGELOLAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONTEKSTUAL
DI SLTP NEGERI 25 SURABAYA

Oleh :
Yulia krisnawati
ABSTRAK
                Berdasarkan studi awal yang dilakukan oleh peneliti di kelas 1A SLTP Negeri 25 Surabaya, salah satu siswa kurang berminat belajar bahasa indonesia karena guru kurang kreatif dan inofativ dalam menerapkan metode pembelajaran. Metode konstektual dalam pembelajaran bahasa indonesia merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran. Dengan metode konstektual ini, siswa dikondisikan untuk berfikir secara kritis, kreatif, logis, dan analitis.
                Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, rancangan penelitian disusun secara kolaboratif dalam 3 siklus, yang masing – masing terdiri:  1. Perencanaan. 2. Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Data penelitian berupa data proses dan hasil tindakan yang diperoleh dan hasil pengamatan, hasil wawancara, kumpulancacatan lapangan, dan dokumentasi berupa rekaman audio visual. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyadjian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi data.
                Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode konstektual dalam pembelajaran bahasa indonesia mampu mengubah paradigma guru tentang metode pembelajaran, guru tidak lagi berorientasi student centered teaching, tetapi student centered learning. Guru kreatif dengan melakukan inovasi pembelajaran sehingga mampu membangkitkan semangat belajar siswa. Siswa tidak lagi bosan dan tegang mengikuti pembelajaran bahasa indonesia sehingga pembelajaran bahasa indonesia menjadi menyenangkan.
Kata kunci : pengelolaan pembelajaran bahasa indonesia, metode konstektual, motivasi, berfikir kritis, student centerd learning
(JURNAL PENELITIAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN. NO. 1, THN, VI, 2004)
PENGELOLAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
DENGAN MENGGUNAKAN METODE KONTEKSTUAL
DI SLTP NEGERI 25 SURABAYA

Oleh :
Yulia krisnawati

                                                                 ABSTRAK
Berdasarkan penelitian di 1A SLTP Negeri Surabaya, bahwa siswa mengalami kejenuhan terhadap pelajaran bahasa indonesia, itu terjadi karena dalam proses belajar mengajar guru tidak kreatif dan inovatif sehingga murid mengalami kejenuhan terhadap mata pelajaran bahasa indonesia. Di harapkan metode kontektual dapat menjadi salah satu solusi baru untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas, rancangan penelitian disusun secara kolaboratif dalam 3 siklus, yang masing – masing terdiri:  1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Data penelitian berupa data proses dan hasil tindakan yang diperoleh dan hasil pengamatan, hasil wawancara, kumpulan cacatan lapangan, dan dokumentasi berupa rekaman audio visual. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi data. Hasil penelitian bahwa hasil dari metode konstektual ini mampu mengubah paradigma guru, sehingga dalam mengajar guru dapat kreatif dan semenarik mungkin sehingga murid tidak lagi jenuh, dan justru pelajaran bahasa indonesia menjadi salah satu mata pelajaran yang tidak membosankan dan menegangkan.

Kata kunci : metode konstektual, analisis data, model penelitian tindak kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar